Messi Lambungkan Barcelona

Lionel Messi kembali membawa Barcelona menjauhi kejaran Real Madrid, setelah golnya memberikan keunggulan tipis 2-1 atas Athletic Bilbao di Stadion Nou Camp, Minggu (20/2).
Dengan demikian perolehan poin Barcelona menjadi 65 angka dan kembali menjaga jarak lima poin dari Real Madrid yang terus menempel di peringkat kedua dari 24 pertandingan.

Tidak ingin mengulangi hasil buruk dalam dua partai terakhir, Barcelona mencoba bangkit di pertandingan ini dan hasilnya pada menit keempat Dani Alves berhasil lepas dari jebakan off-side dan kemudian menyodorkan umpan kepada David Villa yang dengan satu sentuhan menjebol gawang Gorka Iraizoz.

Kubu tuan rumah terus mengurung pertahanan Bilbao dan pada menit ke-26 Villa lagi-lagi memperoleh peluang matang untuk melebarkan keunggulan, bila saja aksi individunya yang diakhiri dengan bola lambung tidak mengenai mistar gawang.

Setidaknya hingga memasuki setengah jam permainan wasit telah mengeluarkan dua kartu kuning kepada Iraola dan Koikili, akibat permainan keras Bilbao.

Pada menit ke-36 Bilbao mencoba untuk menyerang dan beruntung kiper pengganti Victor Valdes, Jose Pinto dengan gemilang mampu mementahkan peluang matang yang diperoleh Fernando Llorente saat tandukannya tepat di mulut gawang dihalau ke luar kotak penalti.

Kesalahan Sergio Busquets di menit ke-49 harus dibayar mahal setelah pemain internasional Spanyol itu menjatuhkan Llorente di kotak terlarang dan hasilnya eksekusi dengan sempurna dilesakkan oleh Iraola yang mengecoh Pinto.

Barcelona mencoba untuk kembali mengungguli tamunya tersebut saat memasuki menit ke-70, umpan brilian Xavi Hernandez kepada David Villa hampir saja membuahkan hasil bila saja tendangan mantan striker Valencia itu tidak diselamatkan Iraizoz.

Diawali dari umpan terobosan Xavi dari lini tengah, Dani Alves berhasil meneruskannya ke dalam kotak penalti yang dengan sempurna disontek Lionel Messi guna membawa Barcelona unggul 2-1.

Berada di atas angin berkali-kali Barcelona kembali melancarkan serangannya melalui Lionel Messi dan Pedro, akan tetapi hingga wasit meniupkan peluit berakhirnya pertandingan skor tetap bertahan dan Barcelona pun sukses memetik kemenangan di laga ini.

Susunan pemain:

Barcelona: Pinto; Alves, Piqué, Busquets, Abidal; Mascherano (Maxwell 64'), Xavi, Iniesta; Pedro (Afellay 90'), Villa (Keita 84'), Messi.

A.Bilbao: Iraizoz; Iraola, Ekiza, Amorebieta, Koikili; Susaeta (David Lopez 83'), Martinez, Gurpegui, Gabilando (Muniain 71'), Iturraspe (Toquero 46'); Llorente.

(Win)